C-Software | Bisnis Server Pulsa Murah, Mudah, Aman! FAQ

Frequently Asked Question: Kendala Teknis

Demi alasan keamanan, silakan Anda menggunakan rekening bank untuk transfer biaya instalasi dan pendaftaran sesuai dengan identitas Anda. Jika atas nama pengirim di rekening tidak sama dengan identitas yang di daftarkan, maka proses verifikasi akun tidak dapat di lanjutkan.
Anda dapat menggunakan identitas yang sama untuk mengisi form pendaftaran dengan identitas atas nama pemilik rekening.

Anda tidak dapat login ke web admin kemungkinan disebabkan karena beberapa hal, diantaranya:

  1. Akun Anda telah terblokir, karena salah memasukkan kata sandi akun sebanyak 5 kali.
  2. Jaringan internet Anda kurang stabil.
  3. Validasi kode OTP tidak sesuai.

Solusinya, reset kata sandi akun Anda dengan cara klik tombol lupa password. Reset kata sandi dapat dilakukan sebelum 5 kali kesempatan salah memasukkan kata sandi. Anda dapat menghubungi pusat bantuan C-Software, jika akun Anda terblokir.

Anda bisa melihat total pengguna yang terdaftar dalam server Anda dengan mengakses Menu “Konter” pada bagian kategori Menu “Master Data”.
Dalam Menu Konter tersebut, Anda dapat melakukan manajemen terhadap keseluruhan pengguna yang terdaftar, seperti merubah role akses pengguna, hingga mengaktifkan/non-aktikan pengguna.

Anda dapat membuat request pengajuan Top Up saldo ke Biller dengan beberapa langkah berikut :

  1. Klik Menu Pembayaran
  2. Klik tombol Tambah (pada bagian sisi kanan)
  3. Pilih metode pembayaran yang Anda inginkan
  4. Isikan nominal Top Up yang akan dilakukan
  5. Klik tombol “Save”
  6. Lakukan transfer sesuai metode pembayaran yang Anda pilih, dan ikuti petunjuk pembayaran yang tersedia
  7. Upload bukti pembayaran pada kolom yang tersedia, sebagai langkah untuk mempercepat proses validasi Top Up saldo Anda.

Silakan tunggu beberapa saat.
(Proses Top Up saldo Biller biasanya akan tervalidasi secara otomatis kurang dari 5 menit, Apabila bank penyedia pembayaran yang Anda pilih berada dalam kondisi online tanpa ada gangguan).
Jika terjadi kendala terkait Top Up saldo biller, silakan Anda menghubungi pusat bantuan C-Software.
PENTING Untuk Diperhatikan

  • Bayar dengan TEPAT sejumlah nominal yang tampil hingga 3 (tiga) digit terakhir kode unik
  • Lakukan pembayaran kurang dari 6 jam sejak saat pengajuan dibuat
  • Pengajuan yang melewati batas waktu pembayaran secara otomatis akan gagal
  • Setelah Anda berhasil melakukan pembayaran, segera lakukan konfirmasi dengan klik tombol Upload Bukti Transfer dan silakan upload bukti pembayaran Anda
  • Tidak diperbolehkan mengupload bukti pembayaran yang tidak sesuai dengan pembayaran yang dilakukan. Konfirmasi yang tidak sesuai prosedur tidak dapat kami proses.
  • Tombol Batalkan tersedia untuk membatalkan request pengajuan Top Up saldo, apabila Anda akan merubah nominal transfer atau mengganti pilihan metode pembayaran.
  • Anda dapat melihat dengan detail sisa saldo dari keseluruhan pengguna yang terdaftar, dalam Menu Dompet Pengguna, pada bagian kategori Menu Master Data.
    Pada menu tersebut, Anda juga dapat memonitor dan melakukan pengaturan atas status saldo yang ingin Anda terapkan ke pengguna.

    Menu tersebut dapat Anda pergunakan untuk mengubah jumlah Mark Up produk secara global, baik untuk pengguna yang bertransaksi menggunakan fitur saldoku (Markup Global Saldoku), maupun untuk pengguna yang bertransaksi menggunakan fitur saldo server (Markup Global Saldo Server)
    Catatan : Menu ini hanya akan berfungsi apabila Anda telah menyelesaikan pengaturan Mark Up pada Menu Produk User Server. Secara teknis, perubahan yang Anda atur pada menu tersebut, akan berdampak pada penjumlahan akhir dari total harga yang akan mengurangi saldo pengguna Anda setiap kali mereka melakukan transaksi.
    Contoh : Produk A , harga dasar dari biller misal Rp.5.000, dan Anda telah mengatur Mark Up harga pada Menu Produk User sebesar Rp.500 Maka apabila pengguna Anda melakukan transaksi, total harga yang akan memotong saldo pengguna adalah Rp.5.500. Dan bila pada Menu Mark Up + Global ini Anda melakukan setting penambahan lagi, misal Rp.200, Maka total harga yang akan memotong saldo pengguna Anda adalah Rp.5.700.

    Benar.
    Pada tahap awal, Anda harus melakukan manajemen produk satu persatu untuk menentukan harga jual dari produk yang akan Anda sediakan. Dapat Anda lakukan secara bertahap sampai semua produk selesai di setting jumlah Mark Up nya.
    Untuk diketahui, bahwa setting pada menu produk ini, hanya akan Anda lakukan sekali saja selama Anda menjalankan usaha server pulsa. dan selanjutnya, Anda hanya perlu melakukan penyesuaian harga jual produk Anda.

    Anda dapat melihat mutasi dari setiap transaksi Pengguna pada Menu Laporan. Di dalam Menu Laporan, tersedia beberapa pilihan menu untuk menampilkan data dari keseluruhan aktifitas transaksi yang terjadi dalam usaha server Anda. Seperti :

    1. Menu Saldo Saya, adalah menu untuk menampilkan rincian mutasi baik pengurangan maupun penambahan saldo pada akun server Anda, atau dengan kata mudah menu ini adalah mutasi dari dari saldo biller yang anda punya. (- Penambahan/Debit = Jumlah saldo yang masuk dan menambkan total saldo biller Anda bisa dari top up saldo biller, maupun dari refund transaksi gagal). (- Pengurangan/Kredit = Jumlah saldo yg mengurangi total saldo biller Anda, yaitu dari pemotongan saldo atas transaksi yang dilakukan oleh setiap pengguna Anda).
    2. Menu Pengguna, adalah menu yang menyajikan data berupa monitoring atas keseluruhan transaksi dari setiap pengguna. Dalam menu ini terdapat juga informasi komisi dari setiap sales yang anda punya.
    3. Menu Histori Pengguna, adalah menu untuk memfilter detail transaksi yang telah dilakukan oleh setiap pengguna Anda. ( Parameter yang dipergunakan untuk memfilter transaksi yang dimaksud, biasanya menggunakan TRXID atau dalam kata lain, merupakan identitas dari setiap tansaksi yang dilakukan).
    4. Menu Kinerja, adalah menu yang dapat Anda pergunakan untuk melakukan manajemen laporan dari keseluruhan operasional yang terjadi dalam usaha server Anda, berikut dengan laporan kinerja dari seluruh pengguna yang terdaftar, dan dapat anda filter sesuai dengan tanggal transaksi yang ingin Anda tampilkan datanya.

    Menu tersebut dapat Anda pergunakan untuk mengatur limit atau batasan per transaksi yang Anda izinkan untuk pengguna yang menggunakan metode saldo titipan (saldo server). Dan untuk Max Transfer adalah pengaturan untuk maksimal jumlah nominal dari setiap transaksi transfer bank.

    Jika transaksi yang dilakukan gagal, status pembelian di halaman Live Transaksi menjadi Gagal dan saldo yang sebelumnya terpotong akan di refund atau dikembalikan.

    Bisa. Anda dapat mengganti tulisan teks berjalan (running teks) dan juga slide banner yang akan anda tampilkan di aplikasi sesuai dengan keinginan Anda, dari menu pengaturan Kelola Aplikasi.

    Anda dapat melihat detail riwayat top up saldo yang telah dilakukan oleh pengguna Anda pada Menu “Pembayaran” lalu pilih Sub Menu Saldoku. Pada Menu ini Anda dapat melakukan validasi pengajuan top up saldo dari pengguna.

    Untuk istilah Saldoku adalah saldo yang didapatkan oleh pengguna Anda dari top up tunai (Modal Sendiri). Sedangkan untuk istilah Saldo Server adalah saldo yang disediakan oleh Anda untuk modal perputaran bagi pengguna yang ingin Anda modali, dengan sistem pembayaran tempo (saldo titipan).

    Anda dapat menambahkan nomor rekening bank Anda, sesuai dengan yang ingin Anda tampilkan di aplikasi dari menu Pengaturan Server lalu pilih sub menu Pilihan Pembayaran.

    Untuk pendaftaran akun baru di aplikasi, silakan Anda menggunakan Nomor HP dan akun E-mail lain dari yang sebelumnya sudah didaftarkan sebagai akun admin server. Sebagai informasi bahwa pendaftaran akun baru di sistem/aplikasi tidak dapat menggunakan nomor HP atau akun E-mail yang sama.

    Untuk pengaturan perolehan poin transaksi setiap produk, yang saat ini berlaku, akan terhitung 1 poin dari setiap transaksi sukses yang dilakukan pengguna. Dan untuk reward atau hadiah yang akan diberikan kepada pengguna, bisa di setting melalui menu Poin & Reward pada web admin dan bisa di atur sendiri sesuai dengan keinginan.

    Untuk dapat melakukan proses Upload APK ke Google Play Store, Anda perlu mempersiapkan beberapa tahapan yang dibutuhkan sebelum proses Upload APK.
    Berikut ini telah kami buatkan tutorial untuk dapat melakukan proses tersebut dari awal sampai dengan APK bisa tersedia di Google Play Store. Silakan Anda mengkases link berikut untuk mendownload file tutorialnya. https://bit.ly/3wjH0SW

    Untuk pengaturan pada menu produk di web admin, dapat dilakukan sesuai dengan yang di inginkan termasuk juga mengubah Mark Up harga jual per produk. Dan untuk fungsi aktif/nonaktif yang dimaksud adalah sebagai penanda dari status produk akan di tampilkan di aplikasi.

    Untuk melakukan setting Mark Up harga dasar produk, harus dilakukan satu persatu dan tidak bisa dilakukan sekaligus untuk semua produk. Dan sebagai catatan, setelah melakuakan perubahan pada salah satu produk, pastikan bahwa Anda telah meng-klik tombol simpan yang terdapat di sebelah kolom Mark Up harga tersebut.

    Fungsi lihat lokasi maksudnya adalah untuk mengetahui positioning live location atau lokasi konter Anda saat melakukan transaksi.

    Untuk menambah atau mengganti slide banner, ukuran yang di sarankan adalah 1024 x 500 Pixel, namun untuk tampilan pada beberapa perangkat mungkin akan berbeda dan akan menyesuaikan dengan ukuran layar ponsel dari setiap pengguna aplikasi.

    Untuk format transaksi via Whatsapp, Anda dapat mengunduh dokumen tersebut dalam bentuk file PDF melalui link berikut: https://bit.ly/3QYucJH

    Tidak Bisa.
    Jika member ingin mengisi saldonya, maka harus membuat pengajuan top up saldo dari aplikasi, lalu dari admin server yang memutuskan untuk proses persetujuannya dari menu "Pembayaran" dan pilih menu "Saldoku".